Banyumas Siap Sambut Visit Jateng Year 2013

visit jateng 2013
Banyumas telah siap menghadapi pencanangan program Visit Jateng Year (VJY) 2013 yang digalakkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Dwi Pindarto menyatakan, mulai tahun 2011, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait pengembangan pariwisata. Seperti dengan pengusaha hotel, kuliner, serta peningkatan kinerja pamong budaya.

Dwi mengakui, pada 2011 Dinporabudpar dalam pembuatan program kerja masih mengadopsi dari beberapa kabupaten lain. Langkah tersebut dilakukan karena melihat program di kabupaten lain lebih baik. "Yang sederhana saja, saat ini kita harus punya jadwal kegiatan kesenian dari berbagai wilayah di Kabupaten Banyumas selama satu tahun," ungkapnya.

Dwi menambahkan, akhir Desember dan awal Januari lalu, dirinya sudah mengadakan rapat singkronisasi bersama Dinbudpar kabupaten lainnya dengan Dinbudpar Jateng terkait program VJY 2013. Salah satu hal yang disepakati dalam rapat tersebut adalah untuk menunjang program VJY 2013, sarana dan prasarana yang menyentuh lokasi wisata seperti jalan yang rusak, dapat diusulkan ke provinsi untuk diperbaiki.

Untuk menyambut VJY 2013, Dinporabudpar Banyumas memprioritaskan dua tempat wisata unggulan yakni Lokawisata Baturraden dan Taman Rekreasi Andang Pangrenan (TRAP).

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinporabudpar, Suwondo Geni menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indoesia (PHRI) Banyumas untuk mendata berapa junlah kamar yang ada untuk menyambut program VJY 2013.


Sumber : Suara Merdeka